AI Akan Musnahkan Manusia, Benarkah?

AI Akan Musnahkan Manusia, Benarkah – Jika menonton film fiksi ilmiah, digambarkan bahwa kecerdasan buatan (AI) akan menghancurkan manusia di masa depan.

Banyak plot semacam itu berputar di sekitar konsep yang disebut “Singularitas”, saat AI menjadi lebih pintar dari pencipta manusianya.

Dalam berbagai film, robot berbasis AI sering digambarkan dengan pemusnahan total umat manusia, atau dengan penguasaan mesin canggih yang menaklukkan banyak orang.

Skenario ini terlihat menakutkan, namun nyatanya cerita dalam film tersebut hanyalah fiksi belaka. Meski begitu, bukan berarti AI tidak berpotensi memberikan dampak negatif bagi kehidupan manusia.

Pakar AI Universitas Georgetown Andrew Lohn menjelaskan dalam sebuah wawancara dengan IEEE Spectrum skenario terburuk AI untuk manusia yang lebih realistis.

Menurut Lohn, seperti dilansir dalam artikel yang diterbitkan oleh Pacmann.io (spesialis data science di Indonesia), adanya jejak digital yang memunculkan data baru, seperti email, unduhan, data belanja online, media sosial, hingga GPS menawarkan kemungkinan tak terbatas untuk bisnis dan bisnis. pemerintah untuk mengakses data tersebut.

AI Akan Musnahkan Manusia

AI dapat memprediksi tindakan manusia

Ketika data tak terbatas digabungkan dengan analitik prediktif, manusia akan segera memasuki era tanpa kehendak bebas dan privasi.

Pakar AI lainnya dari University of Pennsylvania, Michael C. Horowitz, juga menjelaskan bahwa di masa depan AI akan dapat memprediksi tindakan yang disukai pengguna.

Misalnya, AI dapat menebak tautan mana yang akan diklik, hiburan apa yang disukai, dan produk apa yang akan dibeli.

Etika dalam penggunaan data

Ini menunjukkan bahwa AI memahami preferensi seseorang lebih baik daripada mereka. Implikasinya adalah orang mungkin tidak menyadari bahwa kehendak bebas mereka perlahan-lahan berkurang.

Munculnya skenario terburuk telah membuat banyak pakar AI untuk mengeksplorasi bidang etika data, cabang AI yang berfokus pada etika dalam penggunaan data.

ristiagroup.co.id

ctcultra.id

grahainspirasi.id

ruangbisnis.co.id

barco.id

papkis.id

chiller.co.id

ihsl.id

Rate this post